Selasa, 01 Januari 2013

Desa Batulayang

Kepala Desa    : Bpk. HM. IWAN SETIAWAN
Sekretaris       : Bpk. Karom 
Bendahara      : -
Ketua PNPM   : -
Ketua LPM      : -
Babinsa Desa  : -
Ketua Linmas : -




DESA BATULAYANG
Desa Batulayang adalah salah satu diantara 9 Desa dan satu kelurahan di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dengan ketinggian 1100 Mpdl, desa Batulayang yang sejuk hawa membuat dan Alam yang Indah nyaman untuk dikunjungi.

MISI
“DENGAN IMAN DAN TAQWA KITA CIPTAKAN LINGKUNGAN DESA YANG, SEHAT, MANDIRI DAN SEJAHTERA SELARAS DENGAN PEMBANGUNAN DAERAH SESUAI  PERDES NO. 5 TAHUN 2008”

INFORMASI UMUM
DASAR HUKUM
Dasar – dasar hukum sebagai ladasan pelaksanaan tugas – tugas pemerintahan desa, antara lain adalah sebagai berikut ;

1.     Undang – Undang Nomor 14 Tahun 1950, tentang Pemerintahan Daerah Kabupaten dalam lingkungan Jawa Barat
2.     ( Berita Negara Republik Indonesia tahun 1950 Nomor 08 ) ;
3.     Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintahan Daerah ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437 ) sebagaimana telah diubah dengan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 2005 ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 108, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4548 ) ;
4.     Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2001 Nomor 142, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4115 );
5.     Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 63 Tahun 1999 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyesuaian Peristilahan dalam Pemerintahan Desa / Kelurahan ;
6.     Keputusan Meteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 1999 Tentang Pedoman Umum dan Pengaturan Mengenai Desa / Kelurahan ;
7.     Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa ; 
8.     Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 6 Tahun 2002 tentang Bagian Desa dari Hasil Penerimaan Pendapatan Daerah (Lembaran Daerah Kabupaten Bogor tahun 2002 Nomor 52 ) ;
9.     Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 9 Tahun 2006 tentang Desa (Lembaran Daerah Kabupaten Bogor tahun 2006 Nomor 254 ) ;
10.   Peraturan Bupati Bogor Nomor 24 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa ;
11.   Peraturan Bupati Bogor Nomor 8 Tahun 2009 tentang Tata Cara Penyaluran, Penggunaan, Pertanggungjawaban dan Pelaporan Bagian Desa dari Hasil Pendapatan Daerah ;
12.   Peraturan Desa Batulayang Nomor 01 Tahun 2007, Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa Batulayang ;
13.   Peraturan Desa Batulayang Nomor 02 Tahun 2011, Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja ( APB ) Desa Tahun Anggaran 2011 ;
14.   m. Peraturan Desa Batulayang Nomor 03 Tahun 2011, Tentang Sumber – sumber Pendapatan dan Jenis – Jenis Pungutan Desa Tahun Anggaran 2011 ;

GAMBARAN UMUM DESA BATULAYANG
A. KONDISI GEOGRAFIS
Desa Batulayang adalah salah satu desa dari 9 (sembilan) Desa dan 1 (satu) di wilayah Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor ;
1.     Luas wilayah Desa adalah ….. ± 226 Ha. 
2.     Terletak pada koordinat ……… ± 06,67 LS dan 106,94 BT
3.     Terletak pada ketinggian ……. ± 800 s/d 1.000 M PDL (di atas permukaan laut) ;
4.     Suhu rata-rata ………………… ± 18 s/d 240 Celcius
5.     Jarak ke Kantor Kecamatan ... ± 4 Km
6.     Jarak ke Ibu Kota Kabupaten . ± 40 Km
7.     Jarak ke Ibu Kota Provinsi …. ± 110 Km
8.     Jarak ke Ibu Kota R.I. ………. ± 80 Km

Adapun batas –batas Desa adalah sebagai berikut :
1.     Sebelah Utara ………. berbatasan dengan Desa Jogjogan
2.     Sebelah Timur ………. berbatasan dengan Desa Tugu Utara
3.     Sebelah Selatan ……. berbatasan dengan Jalan Raya Puncak 
4.     Sebelah Barat ………. berbatasan dengan Kelurahan Cisarua 


Secara umum, bentuk wilayah Desa Batulayang berbukit – bukit, terdiri dari ;
a)     62 % (27,43 Ha) …… lahan pertanian tanaman padi sawah dan sayuran ;
b)     32 % (14,15 Ha) …… lahan Perumahan dan pekarangan, 
c)     4 % ( 1,76 Ha) …… tanah fasilitas ibadah, pemakaman umum, dan lain-lain.

Wilayah Desa Batulayang terbelah oleh Sungai Ciliwung, yang membagi menjadi 2 (dua) Dusun ;
1.     Wilayah Dusun I terdiri dari 2 wilayah RW dan 9 wilayah RT ;
2.     Wilayah Dusun II terdiri dari 2 wilayah RW dan 12 wilayah RT ;

B. KONDISI DEMOGRAFIS
Penduduk Desa Batulayang berjumlah 9.330 jiwa, terdiri dari ;
1.     Jumlah Penduduk laki-laki ……………………… 4.861 jiwa, 
2.     Jumlah Penduduk Perempuan ………………… 4.469 jiwa,
3.     Jumlah Penduduk usia Wajib KTP ……………. 6.029 Jiwa
4.     Jumlah Kepala Keluarga ……………………….. 2.232 KK
5.     Jumlah Penduduk Usia Potensial Pemilu …… 6.288 Hak Pilih (2013)

Perubahan Penduduk selama tahun 2011, Penduduk Desa Batulayang ;
1.     Lahir sebanyak 110 jiwa, terdiri dari 62 Laki – laki dan 48 Perempuan
2.     Meninggal sebanyak 46 jiwa, terdiri dari 22 Laki – laki dan 24 Perempuan 
3.     Datang sebanyak 35 jiwa, terdiri dari 25 Laki – laki dan 24 Perempuan
4.     Pindah sebanyak 49 jiwa, terdiri dari 40 Laki – laki dan 24 Perempuan

Angka Pernikahan selama tahun 2012 adalah sebanyak 103 pasangan ;
Jumlah Angkatan Kerja Penduduk Desa Batulayang tahun 2011 sebanyak 3.388 orang, terdiri dari berbagai jenis mata pencaharian, yaitu ;
1.     Petani dan Buruh Tani sebanyak 516 orang ;
2.     Pedagang dan UKM sebanyak 298 orang ;
3.     Peternak sebanyak 147 orang ;
4.     Pertukangan dan Buruh sebanyak 1.048 orang ;
5.     Pengusaha dan Wiraswasta sebanyak 188 orang ;
6.     Penjaga Villa dan Kontrakan sebanyak 269 orang ;
7.     Ojek dan Sopir Angkutan sebanyak 399 orang ;
8.     PNS dan Pensiunan sebanyak 37 orang ;
9.     TNI / POLRI sebanyak 6 orang ;
10.   Karyawan Swasta sebanyak 405 orang ;
11.   Guru Sekolah dan Guru Ngaji sebanyak 75 orang ;

C. SARANA DAN PRASARANA
      1. SARANA DAN PRASARANA PEMERINTAHAN
      Pemerintahan Desa adalah Kegiatan Pemerintahan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Batulayang bersama-sama dengan         Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Batulayang.

Pemerintah Desa adalah Kepala Desa Batulayang dan Perangkat Desa Batulayang sebagai pembantu pelaksana tugas Kepala Desa, terdiri dari ; 
a)     1 (satu) orang Sekretaris Desa, berstatus PNS ;
b)     1 (satu) orang Kepala Urusan Pemerintahan, berstatus Non PNS ;
c)     1 (satu) orang Kepala Urusan Pembangunan, berstatus Non PNS ; 
d)     1 (satu) orang Kepala Urusan Ekonomi, berstatus Non PNS ;
e)     1 (satu) orang Kepala Urusan Keuangan, berstatus Non PNS ;
f)      1 (satu) orang Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat, berstatus Non PNS ;
g)     1 (satu) orang Kepala Urusan Umum, berstatus Non PNS; 
h)     1 (satu) orang Bendaharawan Desa ;
i)      2 (dua) orang Kepala Dusun 
Kelembagaan di Desa Batulayang, terdiri dari ; 
1.     Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebanyak 11 (sebelas) orang ;
2.     Ketua Rukun Tetangga (RT) sebanyak 21 orang ;
3.     Ketua Rukun Warga (RW) sebanyak 4 orang ;
4.     Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebanyak 14 orang ;
5.     Pengurus Tim Penggerak PKK Desa sebanyak 24 orang ;
6.     Pengurus Badan Pengelola dan Kader Posyandu sebanyak 40 orang ;
7.     Pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) PNPM sebanyak 9 orang ;

Kantor Kepala Desa Batulayang terletak strategis di tengah-tengah wilayah Desa Batulayang ;
1.     Luas tanah ……………………… ± 450 M2
2.     Luas Bangunan ………………... ± 200 M2
3.     Dibangun pada tahun …………. 1982
4.     Direhab terakhir pada tahun .... 2004

Kelengkapan / fasilitas ;
a)     1 (satu) Ruang Kepala Desa ;
b)     1 (satu) Ruang Sekretaris Desa ;
c)     1 (satu) Ruang Aula;
d)     1 (satu) Ruang Perangkat / Staf Desa ;
e)     1 (satu) Ruang Sekretariat BPD ;
f)      1 (satu) Ruang Sekretariat PKK ;
g)     1 (satu) Ruang Sekretariat LPM ;
h)     1 (satu) Ruang Sekretariat PNPM ;
i)      1 (satu) Ruang Musholla
j)      2 (dua) Kamar Mandi 
k)     1 (satu) Gudang 

Kendaraan Dinas Pemerintah Desa Batulayang ;
a)     1 (satu) unit Sepeda Motor Honda, bantuan operasional dari Pemerintah Kabupaten Bogor ;
b)     1 (satu) unit Sepeda Motor Yamaha, bantuan operasional dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ;
c)     1 (satu) unit sepeda motor Honda win, bantuan operasional dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ;


2. SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN
2.1 SEKOLAH DASAR (INDEX DATA SEMENTARA MENURUT WIKIPEDIA)
1.     Jumlah SEKOLAH DASAR : 1 buah
2.     Jumlah Siwsa / siswi : : 620 orang
3.     Jumlah Guru / Pengajar : 13 orang
4.     Jumlah Bangunan : 6 Lokal
5.     Luas Tanah : ± 850 M2
6.     Status Kepemilikan Tanah : Tanah Kas Desa

2.2 MADRASAH IBTIDAIYAH
1.     Jumlah MADRASAH IBTIDAIYAH : 1 buah
2.     Jumlah Siwsa / siswi : : 174 orang
3.     Jumlah Guru / Pengajar : 7 orang
4.     Jumlah Bangunan : 6 Lokal
5.     Luas Tanah : ± 1.000 M2
6.     Status Kepemilikan Tanah : Tanah Kas Desa

2.3 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( PAUD )
1.     Jumlah PAUD          : 4 buah
2.     Jumlah Siwsa / siswi : 80 orang
3.     Jumlah Guru / Pengajar : 6 orang
4.     Status Tempat Kegiatan Belajar : Menumpang

2.4 Taman Pendidikan Al Qur’an ( Tpa )
1.     Jumlah TPA : 1 buah
2.     Jumlah Siwsa / siswi : 22 orang
3.     Jumlah Guru / Pengajar : 2 orang
4.     Status Tempat Kegiatan Belajar : Menumpang


3. SARANA DAN PRASARANA KESEHATAN
a)     1 (satu) orang ………….... Bidan Pembina Desa
b)     10 (sepuluh) unit …………. Posyandu
c)     40 (empat puluh) orang ….. Kader Posyandu
d)     1 (satu) unit ……………… Rumah Pondokan Bidan Desa

4.     SARANA DAN PRASARANA PERHUBUNGAN ( JALAN DAN JEMBATAN )
a)     Jalan Provinsi 1 ruas 1 Km Kondisi Baik
b)     Jalan Kabupaten 5 ruas 9 Km 4 ruas Kondisi Baik 1 ruas Kondisi Rusak
c)     Jalan Desa 9 ruas 13 Km 7 ruas Kondisi Baik 2 ruas Kondisi Rusak
d)     Jalan Lingkungan 32 ruas 15 Km Kondisi Baik
e)     Jembatan Beton 9 ruas 60 M Kondisi Baik
f)      Jembatan Besi 1 ruas 12 M Kondisi Baik
g)     Jembatan Bambu 1 ruas 12 M Kondisi Baik

5. SARANA DAN PRASARANA SOSIAL
5.1. MASJID
1.     Jumlah Masjid : 14 buah dan 5.2. MUSHOLLA
2.     Jumlah Musholla : 28 buah

5.3. PONDOK PESANTREN
1.     Jumlah Pondok Pesantren : 10 buah
2.     Jumlah Santri Laki – laki : 229 orang
3.     Jumlah Santri Perempuan : 42 orang
4.     Jumlah Guru Ngaji : 22 orang

5.4. MAJLIS TA’LIM
1.     Jumlah Majlis Ta’lim : 11 buah
2.     Jumlah Jama’ah : 615 orang
3.     Jumlah Guru Ngaji : 40 orang

6. SARANA DAN PRASARANA LINGKUNGAN
a.     Sarana Air Bersih
b)     Jumlah Sarana Air Bersih : 5 Unit
c)     Pos Kam Ling
d)     Jumlah Pos Kam Ling : 11 buah
e)     MCK Umum
f)      Jumlah MCK Umum : 32 buah
g)     Sarana Irigasi
h)     Jumlah DAM : 2 buah 


7. SARANA DAN PRASARANA EKONOMI
a)     7.1
7.2
7.3

Perusahaan Industri ;
a. Industri Besar
Tenaga Kerja yang tertampung 
b. Industri Menengah
Tenaga Kerja yang tertampung
c. Industri Kecil 
Tenaga Kerja yang tertampung
Perusahaan Industri Pariwisata ;
a. Hotel dan Penginapan
Tenaga Kerja yang tertampung
b. Wisma / Cottage
Tenaga Kerja yang tertampung
c. Villa disewakan
Tenaga Kerja yang tertampung
d. Restauran / Rumah Makan

8.     TENAGA KERJA YANG TERTAMPUNG USAHA KECIL / MENENGAH ;
Usaha Perdagangan ;
1.     Toko / Warung Sembako
2.     Tenaga Kerja yang tertampung
3.     Pedagang / Pemasok Sayuran 
4.     Tenaga Kerja yang tertampung
5.     Pembuat Kue
6.     Tenaga Kerja yang tertampung
7.     Usaha Angkutan / Transportasi ;
8.     Angkot / Angkutan Penumpang

9.     TENAGA KERJA YANG TERTAMPUNG
1.     Truk & Pick Up/ Angkutan Barang
2.     Tenaga Kerja yang tertampung
3.     Ojek Sepeda Motor 

TENAGA KERJA YANG TERTAMPUNG
Usaha Pertanian / Peternakan ;
1) Perusahaan Pertanian Tanaman Pangan 

TENAGA KERJA YANG TERTAMPUNG
2) Perusahaan Pertanian Sayuran 
Tenaga Kerja yang tertampung

10.   USAHA JASA ;

1) Jasa Sewa Alat Pesta, Catering, dll

Tenaga Kerja yang tertampung
2) Jasa Entertainment, Organ Tunggal dll 

Tenaga Kerja yang tertampung
3) Jasa Pembangunan / Kontraktor, dll 

Tenaga Kerja yang tertampung
4) Jasa Bengkel, Tambal Ban, Cuci Motor, dll

Tenaga Kerja yang tertampung


banner
Previous Post
Next Post